single white female, beautiful mind, dan tirai

Sudah pernah menonton film Single White Female dan Beautiful Mind? Dan sudah pernahkah membaca novel Agatha Christie yang berjudul Tirai? Kini kutanya, sudah pernahkah menghadapi situasi dimana ketiga fenomena dalam film dan novel tersebut mixed ataupun beririsan dalam satu paket?

Bagi yang belum pernah menonton kedua film maupun membaca novel tersebut di atas, kuberitahukan sedikit gambarannya.

Single White Female adalah sebuah film yang menggambarkan kehidupan seorang perempuan yang mengalami depresi hebat dan obsessed dengan kehidupan seorang perempuan lainnya sehingga sang perempuan yang depresif ini meniru habis penampilan, cara hidup sang perempuan kedua. Tidak hanya meniru (copycatting) tapi juga sampai ingin memiliki kehidupan sang perempuan kedua.

Beautiful Mind menceritakan seorang ilmuwan jenius yang menderita schizophrenia, dimana dia memiliki kehidupan lain di luar kehidupan nyatanya. Dia sangat menghayati kehidupan khayalannya tersebut sehingga sulit baginya membedakan mana yang khayalan mana yang realitas, dan akhirnya dia mixed-up dengan kedua kehidupannya tersebut.

Tirai adalah salah satu masterpiece Agatha Christie dan juga novel terakhir dari kisah sepak terjang sang detektif jagoan, Hercule Poirot. Musuh Poirot dalam Tirai adalah musuh terbesarnya dan sekaligus mush terjeniusnya, sehingga membutuhkan nyawa Poirot sendiri untuk bisa menghentikan kerja si musuh ini. Ya, di dalam Tirai Poirot harus membunuh dirinya sendiri agar sang musuh tidak beraksi kembali. Kekuatan sang musuh bukan di kecerdasan intelektualnya (sehingga bisa merencanakan pembunuhan berantai dengan sempurna, misalnya) ataupun di keterampilan fisiknya. Musuh Poirot ini memiliki kecerdasan emosional yang sangat luar biasa dimana dia mampu mempengaruhi berbagai jenis orang dengan berbagai latar belakang sehingga orang tersebut bisa sangat membenci orang yang semula tidak dibencinya dan bahkan sampai melakukan pembunuhan keji. Sang musuh membunuh…tapi tidak dengan tangannya. Tidakkah itu hebat? Tidakkah itu berbahaya?

Nah, sekarang bayangkan ketiga fenomena tersebut mixed ataupun beririsan di dalam satu paket.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s