moments of contemplation

Apa kesamaan tahun baru, hari ulang tahun, serta pasca ramadhan dan idul fitri? Saat-saat itu biasanya merupakan saat dimana orang-orang berhenti sejenak dan merenungi berbagai hal yang menyangkut kehidupannya. Saat-saat itu juga merupakan milestone ataupun persimpangan dimana orang bertanya kepada dirinya ‘what have i done’….’how far have i gone’….’what am i gonna do next’…’what would i become’ etc etc.

Seorang temanku yang akan berulang tahun bulan depan juga merasakan hal ini. Apa makna kehidupan yang telah dia jalani, seberapa berartinya hidupnya, seberapa artinya dia bagi orang lain dan bagi kehidupan, sudah benarkah jalan yang dia ambil, aku yakin, hanyalah sedikit dari jutaan pertanyaan yang berseliweran di belantara pikirannya, dan pikiran kita ketika kita mengalami hal yang sama. Dan itu menurutku sejuta persen sah dan merupakan fitrah manusia. 

Kembali aku pada pemikiran bahwa finding our cause is extremely important, sesepele apapun itu. Dan tidak ada salahnya juga bila harus mundur selangkah atau dua langkah, sebelum memulai suatu hal yang mungkin baru, atau melanjutkan kembali yang sudah kita mulai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s