after-midnite talks

Percakapan tengah malam hingga dini hari dengan kedua temanku membuatku kembali merenung…yah, memang life’s not simple. Kami ngobrol bayak sekali hal, mulai dari hal ecek-ecek sekedar untuk melampiaskan ke-bitchy-an sampai soal-soal serius macam friendship, pernikahan, perselingkuhan, life, agama dan religiositas, pilihan-pilihan dalam hidup dll dll. Apa-mengapa-bagaimana…Pokoknya 5W+1H…semuanya dibahas.

Semakin kupikirkan semakin aku yakin dengan salah satu ajaran Buddha yang menyatakan bahwa sebenarnya dalam pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan (tentang apapun) sebenarnya sudah terkandung jawaban. Deep down inside sebenarnya kita sudah tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Masalahnya, maukah kita menerima jawaban tersebut? Bisakah kita jujur terhadap diri kita sendiri (tak perlu lah dulu kepada orang lain)? Relakah kita mendengarkan kebenaran yang diucapkan hati sanubari kita (yang memang kadang atau malah sering menyakitkan)?

Lalu kami bicara tentang waktu…our expiry date. Did we only waste our time? have our life been meaningful? Have our age been worthy –-filled with ‘useful’ experiences? Have we just wasted opportunities that will never ever come twice? Teringat aku pada satu bab dalam buku Einstein’s Dreams (atau Gempa Waktu-nya Kurt Vonnegut??? lupa aku) yang menceritakan suatu keadaan dimana hari ini adalah hari terakhir dari kehidupan; dan semua orang sadar banyak hal yang belum dan masih ingin mereka lakukan, sementara the clock keeps on ticking; dan mereka kemudian berusaha melakukan semua hal tersebut dalam satu waktu. Teringat aku akan ajal yang baru saja menjemput seorang teman baik. Sejenak dua jenak, perasaan macam-macam itu lah yang kurasakan. I can hear the clock is ticking and I feel I’m running out of time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s