belajar itu candu!

Mungkin kalau statement seperti di dalam judul itu didengar oleh teman-temanku selama kuliah, mereka pasti akan mengernyitkan dahinya…yaya? belajar? dua kata yang enggak ada asosiasinya. Mungkin yang ada di kepala mereka, aku itu anak yang suka cabut (atau mabal kata anak bandung) demi "kerjaan" marching band-ku atau hanya demi bermain, yang menjelang ujian sering mengejar-ngejar fotokopian catatan kuliah (sampai-sampai aku dan para mabalers hafal catatan siapa yang akurat, catatan siapa yg kacau, siapa yg mencatat verbatim apa yg dosenku catat di papan tulis, dllsbsgnya), yang sering ditongkrongin asisten dosen gara-gara belum mengumpulkan tugas, yang mengandalkan kopi toraja dari temanku supaya tahan begadang sampe pagi waktu SKS. Sampai-sampai sahabatku tercinta merasa khawatir dan menasehatiku supaya tidak terlalu "sibuk" dengan MB-ku itu.

Tapi mungkin memang segala sesuatu itu selalu ada tempat dan wktunya. Kalau dulu tujuanku yang penting lulus (didn’t really care much about what I’ve learnt) dan secepatnya get the hell out of the academic system yang underestimating (despite soooo much fun I had in the ex-cul activities), saat ini aku lagi kecanduan belajar. Dan sungguh beruntung aku, in this school of life, punya suhu dan suheng yang extraordinary, provokatif, dan yang sangat helpful dan ready anytime…yang pikiran-pikiran subversifnya selalu membuat aku enggak bisa tidur dan sibuk browsing kesana-kemari, beli buku ini-itu…pokoknya overwhelmed.

Dan seorang suheng sedang turun gunung dan siap menyebar virus, seperti para suhu dan suheng yang lain. Tidak seperti dosen-dosenku semasa kuliah dulu yang suka underestimate mahasiswa-mahasiswanya, self-righteous di menara gading mereka yang steril dari fenomena dan konteks sosial politik ekonomi kemasyarakatan –yang kata mereka dengan kepintaran dan teknologi yg mereka punya bisa mereka pecahkan, para suhu dan suhengku meng-appreciate pikiran-pikiran, menawarkan cara pandang baru dan membuatku kecanduan belajar…dari mana saja dan dari siapa saja.

[….this 100th piece in my blog is dedicated to my suhu and suheng all over the world…BIG THANKS!!]

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s