to have or to be: cinta orang biasa

“Akan kubakar surga dan kusirami neraka, agar keduanya musnah, sehingga manusia mencintaiMu bukan karena keduanya”. Demikian yang dikatakan oleh Rabiyatul Adawiyah, seorang perempuan sufi. Rabiyatul menganggap kecintaan manusia kepada Tuhannya berpamrih. Manusia menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya agar manusia masuk surga dan tidak dijebloskan ke neraka. Kubaca rangkaian kata-kata ini di satu buku minggu yang lalu. Demikian lah cinta sufi….

“…but the unlimited (love) asks only for itself”. Ini yang ditulis Khalil Gibran dalam bukunya Sayap-sayap Patah. Dalam buku ini Gibran bercerita tentang cintanya kepada seorang perempuan yang tak dapat ‘dimilikinya’. Lalu bacalah yang satu ini, “Jika kita tidak merasa memiliki, maka kita tidak akan pernah merasa kehilangan”. Kalimat ini kudengar dari mulut Dewi Yull di suatu acara show di satu stasiun TV swasta beberapa hari yang lalu. Dan baru saja, aku secara tak sengaja menemukan satu kalimat dan terbengong-bengong dibuatnya, “If I am what I have and if I lose what I have then who am I?”. Kalimat yang dalem banget ini berasal dari Erich Fromm, seorang filsuf humanis terkenal. Yaahhh…demikian lah cinta para filsuf, seniman, dan penyair….

Sebagai penganut aliran kepercayaan tak-ada-yang-kebetulan-di-kolong-jagat, paparan bertubi-tubi dari kalimat-kalimat yg senada seirama dalam beberapa hari terakhir ini membuatku berpikir…apa ya maksudnya? Yang jelas, sebagai orang biasa yang bukan penyair, seniman, apalagi filsuf, sampai beberapa menit yang lalu aku masih berprinsip “cinta tanpa memiliki = rugi bandar”. Dan yang jelas pula, tohokan-tohokan di atas telah membuat perutku mulas.

[buat sahabat-sahabat dan seorang temen virtual gue…]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s