changed, yet not changed

Sejak SD aku sudah memiliki kebiasaan menulis jurnal harian. Ini berawal dari aktifitas semasa SD menjadi Dokter Kecil dimana kami diwajibkan untuk menuliskan di dalam buku jurnal apa yang dilihat dan dialami terkait dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. Hal yang awalnya merupakan kewajiban kemudian menjadi sesuatu yang menyenangkan karena aktifitas ini membuatku belajar menjadi observer, membuka mata dan pikiranku atas hal-hal yang selama ini terlewatkan. Membuat suatu fenomena menjadi something yang meaningful.

Pengalaman ini pula yang kemudian mendorongku untuk membuat jurnal pribadi, tentang apa yang aku pikir dan rasa tentang guruku, temanku, orang tuaku, saudara-saudara, keluarga atau apa pun lah. Ketika aku marah, aku akan menuliskan semua sumpah serapah di atas secarik kertas dan kemudian membakarnya. Ide ini aku dapatkan dari satu majalah yang kubaca kala itu. Walaupun menulis jurnal tidak secara reguler aku lakukan, aku selalu menulis pengalaman-pengalaman yang extraordinary di dalam jurnal tersebut. Dan kebiasaan ini terus berlangsung sampai sekarang.

Sayangnya ketika pindahan rumah semasa SMA dulu, sebagian jurnalku hilang terselip entah dimana. Satu buku jurnalku sempat jatuh ke tangan seorang famili yang membantu pindah-pindahan rumah dan tak ayal sebagian rahasiaku terbongkar dengan sukses. Apalagi rahasia itu terkait dengan urusan cinta kunyuk bin kera.

Malam kemarin iseng-iseng kubaca kembali jurnal-jurnalku semasa kuliah dulu. Amazing. Bisa kulihat bagaimana aku sudah jauh berubah, dan bisa kulihat pula bagaimana aku –ternyata– tidak berubah seupil pun. Kubaca pula jurnal-jurnalku beberapa tahun terakhir ini. Kadang terlintas di pikiran, what did I think/feel at that particular time? How come I was so godamn stupid? And how come I was so bloody brilliant? =p

1 Comment

  1. Bloody Sista…
    Perhaps, I know almost of your story in this bloody world…
    Hi…hi…
    Emberrrrrr….Changed, yet not changed !
    ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s