e s f j

Seorang senior yang aku admire karena kemampuannya to see things extraordinarily dan kemampuannya menginspirasi orang lain (termasuk aku) suatu hari berkata bahwa salah satu problem utama bangsa ini adalah akibat dominasi kepribadian ESFJ. Dalam berbagai training dan fasilitasi proses pertemuan yang diadakannya, mas senior mengidentifikasi bahwa gabungan sifat-sifat Extrovert, Sensorik, Feeling dan Judging menjadi faktor penting yang menghambat kemajuan. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini termasuk dalam kategori helper.

Tentu saja kepribadian semacam ini tidak begitu saja jatuh dari langit. Banyak faktor eksternal yang mempengaruhi yang kemudian membentuk orang sehingga memiliki tipe kepribadian tersebut. Salah satu faktor tersebut adalah sistem pendidikan yang sama sekali tidak mengajarkan anak didik untuk berpikir  kritis sehingga menumbuhkan sifat-sifat leadership dan kepeloporan. Instead, anak didik dibrainwash untuk senantiasa patuh dan cari aman.

Lantas, apakah tipe kepribadian ini dapat diubah? Menurutku tentu bisa. Tergantung pada input dan kemauan kita untuk berubah tentunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s