again…reality slap

Kemarin aku berkenalan dengan seorang fotografer profesional yang sudah cukup malang melintang di dunia jurnalisme foto di Indonesia. Di tengah obrolan, dia menunjukkan hasil-hasil kerjanya yang memang oke punya. Foto-fotonya selalu menampilkan manusia dengan segala perilaku dan konteks yang meliputi kehidupan manusia tersebut, baik dalam bentuk single shots maupun dalam bentuk photo story. Dan salah satu photo story-nya telah berhasil dengan sukses membuatku shocked dan speechless.

Pernah menonton film dokumenter “Abandoned Child”?  –kalo nggak salah  judul. Film dokumenter ini dibroadcast oleh CBS (kalo nggak salah lagi =P) dan membeberkan bagaimana ‘one-child policy’ di Cina telah mengakibatkan terlantarnya ratusan bayi dan balita perempuan yang ‘dititipkan’ (baca: dibuang) oleh keluarga-keluarga yang tak menghendakinya di berbagai panti penitipan. Tak jarang, bayi dan balita perempuan ini harus menghadap kembali Sang Pencipta akibat kelaparan dan penyakit.

Nah, rasa shock yang serupa kurasakan ketika melihat foto-foto kawanku itu. Bahkan, pemandangan ini lebih membikin shock karena kenyataan ini asli berasal dari Indonesia. Made in Negeri Sendiri. “Lokasinya nggak jauh dari Jakarta,” katanya. “Haaa??!!!” Cuma itu yang bisa keluar dari mulutku.

‘Terbelakang’, ‘cacat mental’, ‘gangguan kejiwaan’ adalah beberapa sebutan yang kerap diberikan kepada saudara-saudara kita yang kebetulan terlahir unik tersebut. Dan ‘malu’, ‘tak sanggup memelihara’, ‘agar bisa dirawat’ adalah alasan-alasan yang kerap disampaikan oleh keluarga-keluarga yang ‘menitipkan’ mereka di panti-panti tersebut.

Kata kawanku, media-media enggan menampilkan kenyataan ini. Tentu saja. Ini adalah bogem telak terhadap wajah society Indonesia yang ‘ramah tamah’, ‘agamis’, dan menjunjung tinggi ‘nilai-nilai kekeluargaan’. Wuaaahhhh…..what a hypocrite society.

Dan aku cuma bisa menghela nafas panjaaaaaaaaaannnnnngggggg sekali…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s