diplomasi a la india

Bila kita berbicara dengan orang India, perhatikan lah kepalanya. Menggoyang-goyangkan kepala adalah bagian yang tak terpisahkan dalam komunikasi gaya India. Goyangan kepala tersebut dilakukan sedemikian, sehingga sulit kita memastikan apakah itu anggukan atau gelengan. Oleh karenanya sulit pula kita pastikan apakah itu menandakan persetujuan, penolakan, atau hanya sekedar bermakna, ”…whatever you say lah ’pal…don’t give it a damn”.

Temanku yang orang India mengatakan untuk tidak hanya memperhatikan kepala. Perhatikan pula keseluruhan gesture lawan bicara kita, maka kita bisa katakan apakah goyangan kepala itu berarti iya, tidak, atau no-comment. Namun demikian, bagi orang asing seperti aku tetap saja sulit memastikan, apalagi bila itu terkait dengan respon atas percakapan yang tidak bisa kita pastikan apa jawabannya. So seringkali aku menanyakan kembali kepada lawan bicaraku, ”Is it a yes, or a no?”

Dan di airport malam itu, kutemukan bahwa goyangan kepala juga merupakan alat diplomasi gaya India. Ketika check-in, petugas di counter check-in mengatakan bahwa namaku dan nama temanku tidak terdaftar di sistem komputernya. Dia meminta tiket kami untuk diperiksa oleh petugas dari airlines. Setelah beberapa lama, petugas airlines datang dan memastikan bahwa nama temanku ada di dalam sistem. Kemudian, si petugas counter memberikan tiketku kepada petugas airlines tersebut untuk diperiksakan. Agak kesal, kutanyakan mengapa tidak dia lakukan pemeriksaan tiket kami sekalian, dan mengapa harus satu per satu yang akan memakan waktu lebih lama. Tanpa berkata sepatah kata pun, si petugas counter menggoyang-goyangkan kepalanya sedemikian rupa. Dan serta merta, kekesalanku terbang hilang entah kemana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s