banda aceh (lagi…)

Mungkin benar apa yang orang Aceh sering bilang: “Sekali kita menginjakkan kaki di Aceh, maka kita pasti akan kembali lagi”. Setiap kali kakiku menginjak Bandara Blang Bintang (sekarang dinamai Bandara Sultan Iskandar Muda), setiap kali itu pula cuplikan-cuplikan pengalamanku di Aceh sebelumnya melintas di benakku. Seperti film dokumenter hitam-putih, bisa kulihat diriku mengalami berbagai peristiwa itu.  Melihat ketabahan orang Aceh, somehow, menginjeksikan kekuatan ketika aku menghadapi berbagai persimpangan.

Aceh memang bukan tempat biasa. Di masa lalu, Aceh adalah melting pot, dengan kejayaannya yang mencuat bagai mercu suar ke seantero jagat. Di masa kini, Aceh adalah melting pot juga, dengan segala konflik dan bencana yang susul menyusul. Dalam tempo setengah jam saja, ratusan ribu nyawa harus melayang akibat gempa dan tsunami –-mungkin saat itu adalah periode tersibuk bagi malaikat maut, ya?

Satu setengah tahun pasca tsunami, Banda Aceh yang kulihat bisa dikatakan sudah pulih seperti semula. Sepintas lalu, tak nampak tanda-tanda bahwa daerah ini mengalami bencana yang maha dahsyat. Melewati pusat kota ke arah pinggiran Banda Aceh barulah terlihat bahwa sesuatu memang terjadi disana. Banyak bangunan rumah sederhana baru, dengan atap-atap sengnya yang berkilau ditimpa sinar matahari yang terik.

Selain rumah-rumah, gedung-gedung perkantoran dan pertokoan yang baru, nampak pula "figur-figur" baru mewarnai Banda Aceh. Ada satu shopping mall yang baru dibangun. Kalau dulu hanya ada satu resto ayam goreng bapak jenggot, sekarang ini sudah ada pula resto burger berlambang beruang coklat dan juga satu resto pizza. Mungkin fenomena ini tidak hanya terjadi di Banda Aceh tapi juga di kota-kota lain di NAD. Resto mie kepiting Razali yang terkenal itu pun sudah buka satu cabang.

Satu setengah tahun pasca tsunami, Aceh tidak hanya menggeliat, tapi dia sudah berlari, embracing life anew.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s