motivasi

Ketika melakukan sesuatu yang kurang kita senangi kadang-kadang kita memerlukan alasan atau justifikasi atau pun motivasi untuk memboost willingnes kita.

Beberapa temanku yang merasa kelebihan berat badan, membeli baju-baju berukuran kecil yang mereka sebut ‘baju motivasi’. Tujuannya untuk memberi semangat kepada diri sendiri agar dengan penuh kesungguhan dan ketabahan hati diberikan kekuatan untuk melakukan upaya-upaya penurunan berat badan. Satu diantaranya udah give up dan kembali membeli baju-baju berukuran normal.

Satu orang lagi bahkan menambah motivasinya. Logicnya begini: untuk bisa memakai ‘baju-baju motivasi’ tersebut maka dia perlu olahraga. Supaya lebih bersemangat olahraganya (dalam hal ini jogging) perlu beli sepatu jogging yang enak dipakai. Daaaannn, kayaknya enak juga kalo sambil jogging mendengarkan lagu-lagu favorit dari iPod. Teman yang satu ini akhirnya menemukan bahwa mendengarkan iPod itu ternyata lebih enak sambil leyeh-leyeh dibandingkan sambil jogging.

Satu orang lagi, cukup serius upayanya. Olahraga dijalankan. Bahkan selain jogging dan aerobic, dia juga mulai bersepeda. Kalau yang ini motivasinya lain lagi. Sempat give up dengan baju motivasi (dia menghibahkan ‘baju-baju motivasi’ itu ke temen kami yang lain), dia sebenarnya mencari motif untuk bisa membelanjakan uangnya yang berlimpah-limpah itu (deeuuu riya…).

Jaman kuliah dulu, salah satu motivasiku bangun pagi, mandi dalam udara
yang dingin (kadang mandi sambil agak teriak-teriak kedinginan) dan
datang kuliah jam 7 pagi, adalah ‘cuci mata’. Jadwal kuliah pagi selalu
ada di luar kepala…hari A kuliah B di gedung C bareng jurusan D yg
bisa dispotted beberapa ‘boorwater faces’-nya (baca: muka2 yg berguna
untuk cuci mata).

Dan ternyata sampai sekarang, kebiasaan buruk ini enggak berubah. Baru saja aku menemukan motivasi untuk terus datang di pertemuan-pertemuan yang oh so boring, yang sebenarnya tidak aku sukai ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s