till other-than-death do us apart

What makes a till-death-do-us-apart thing? Pertanyaan ini muncul di pikiran gue setelah ketemu dengan teman gue yang baru aja berpisah. Kedua teman gue ini adalah pasangan yang unik. Yang laki orang Indonesia yang berada dalam lingkup adat yang sangat patriarkis. Sementara yang perempuan adalah orang Amerika –you know them– berpikiran bebas, cerdas pula.

Walaupun berasal dari latar belakang dan budaya yang berbeda, jelas terlihat bahwa mereka saling belajar, saling menghargai dan menyesuaikan diri, dan yang pasti saling mencintai.

Yang laki bilang, bahwa mantan istrinya ini bukan sekedar istri, tapi juga teman, sahabat, sparring partner –soulmate gitu lah. That’s why dia kehilangan sangat. Yang perempuan kagum benar sama suaminya yang memang punya cara berpikir yang unik dan tidak biasa. Sering kita dengar ada lontaran kekaguman dari mulutnya. And it’s not lip service.

Jadi waktu gue dengar bahwa mereka berpisah, hati gue juga ikut sakit. Nyesek, dan berulang-ulang bertanya-tanya dalam hati,”Kok bisa siiiihhhh??!!!” Sejauh gue tau (dan yg gue dengar-dengar dari orang lain), penyebabnya bukan orang ketiga. Jadi….apaaaa dooonnng???

Sering gue bertanya-tanya, when a couple berjanji sehidup semati, what’s in their minds? Apakah mereka haqqul yaqin bahwa memang mereka akan sehidup semati? Atau gimana? Ada nggak terbersit pemikiran, what if someday mereka harus berpisah?

Waktu ketemuan, bisa gue lihat mata si laki berkaca-kaca, walaupun mulutnya nggak berhenti-henti melontarkan lelucon. Yang perempuan, dalam kondisi yang lemah (dia kebetulan lagi sakit), sikapnya juga masih nggak berubah. Tinggal gue yang cuman bisa bengong, dan sibuk berpikir. WHY?? WHY??

1 Comment

  1. ini sebenernya nyambung dengan post sebelum ini ttg ‘wireless connection’. Gak semua hal bisa dianalisa dengan baik oleh otak dan hati kita kok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s