happy train

18062007001edit.jpg

Foto di atas adalah foto yang aku ambil hari ini di atas kereta api ekspres jurusan Bogor-Jakarta Kota. Sebenarnya ini bukan kereta semi-ekspres yang biasa aku naiki. Kereta yang kunaiki terlambat datangnya, jadi ketika kereta Bogor-Kota ini kebetulan berhenti di stasiunku, tanpa pikir panjang aku lari ke gerbong terdepan dan naik dari pintu masinis.

Walaupun nggak terlalu kelihatan (karena aku terlambat motretnya), sebenarnya foto ini menggambarkan suasana senang hati dan riang gembiranya penumpang kereta yang nampaknya sudah cukup akrab satu sama lain. Si bapak-bapak yang berdiri itu (he took the role as joker in this train community) dalam kenyataannya lagi asyik berjoget sambil bertepuk tangan. Entah apa yang mereka senda guraukan. Yang jelas gerbong yang aku naiki ini riuh rendah oleh gelak tawa dan celetukan yang bersahut-sahutan.

Saking seringnya bertemu, seringkali para penumpang kereta api ini membentuk suatu komunitas tersendiri. Mereka saling mengenal dan bergaul satu sama lain. Bayangkan, dari Bogor ke sekitar Jakarta dengan kereta api ekspres ini paling tidak menghabiskan 45 menit sampai 1 jam. Dan karena ini adalah kereta reguler, maka wajah-wajah yang ditemui setiap hari pun akan dengan mudah dikenali. Tidak jarang ada yang kemudian menjalin hubungan asmara –termasuk asmara terlarang. Namanya saja ‘witing tresno jalaran soko kulino’. Selalu kejadian dimana-mana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s