cinderella syndrome

Salah seorang terdekat gue hari ini memutuskan untuk membatalkan pernikahannya yang tinggal beberapa bulan lagi. Untung aja undangan belum disebar dan persiapan belum seberapa. Bayangkan kalau semuanya udah dilakukan.

Bagi perempuan kebanyakan, menikah adalah satu tahap yang harus dilalui –setelah lulus sekolah/kuliah, kerja, berpenghasilan dan dapat hidup dengan mapan. Menjadi seorang ibu rumah tangga kemudian seolah-olah merupakan the ultimate condition that a woman must achieve. Itu pun terkadang belum lengkap bila belum ada anak yang hadir dalam pernikahan tersebut. ‘Bahaya’nya lagi, kalau belum dapat anak laki-laki serasa ada yang kurang. Begitulah, selalu saja ada hal-hal yang membuat setiap hal di dunia ini menjadi tidak sempurna.

Sadar atau tidak sadar, bayangan ‘dijemput pria impian dan hidup bahagia selamanya’ merupakan bayangan masa depan hampir setiap perempuan di bumi. Nggak salah juga, apalagi ketika kita dibesarkan dengan cerita-cerita macam Cinderella dan Puteri Salju dalam berbagai versinya. Dan nggak jarang, kondisi sosial di sekitar kita juga menuntut hal semacam itu: ‘Apalagi yang kau cari, Palupi?’ –ini selorohan yang sering diucapin teman gue ke gue dulu (entah siapa si Palupi itu).

Walaupun orang terdekat gue itu nggak menderita Cinderella Syndrome, tapi kondisinya yang sudah settle secara ekonomi dan pencapaian karirnya membuat dia pun mulai berpikir ke arah sana — ‘Apalagi yang gue cari?’. Begitu.

Tapi seperti banyak orang bilang, kalo jodoh, nggak kemana-mana. Tapi kalo nggak jodoh, pasti kemana-mana. C’est la vie. Tapi dunia nggak selebar daun kelor. Jadi daripada berkutat di kamar, mendingan kita nikmati aja jerih payah kita untuk kesenangan kita sendiri, kan? Tapi nggak perlu juga menahan-nahan tangisan. Nangis bombay adalah part of life. Menangislah sebombay-bombaynya. Just enjoy it. Okay, honey? It’s his lost!!! Really, I mean it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s