living in survival mode

Lupakan saja harapan membangun masyarakat adil makmur sejahtera gemah ripah loh jinawi. Lupakan saja keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, apalagi ikut menjaga ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Lupakan! Lupakan! Ini pesan gue kepada pemerintah negara ini (halah…emangnya gue siapa??!!!).

Lebih baik bapak-bapak, ibu-ibu yang ada di tampuk singgasana kekuasaan sana lebih berpikir realistis dan mempersiapkan segenap bangsa dan negara untuk hidup dalam survival mode atau mode bertahan hidup. Itu kalau mereka masih care dan ingat bahwa yang namanya “negara” itu punya “warga”, yang harus diurus, dipenuhi hak-haknya, dan dijamin keselamatannya.

Tapi kelihatannya mereka-mereka itu lupa. Coba saja baca dan tonton apa yang disuguhkan media massa. Antara apa yang dialami oleh warga negara –banjir, longsor, kekeringan, penyakit– dengan apa yang diributkan elit politik, kekuasaan sama sekali nggak nyambung blas. Mungkin mereka berpendapat “bencana itu takdir” maka “hadapilah dengan doa”.

Dimana negara ketika bencana menyambangi warganya? Warga dituntut untuk membantu dirinya sendiri. Gotong royong laaahhh…itu kan budaya kita.

Tahun 2008 ini adalah tahun keprihatinan. Gue prihatin karena tak ada matahari bersinar mengawali tahun baru. Hanya mendung, hujan, dan banjir. Bagi gue, ini pertanda buruk. Kita akan terhisap lebih jauh ke dalam pusaran bencana yang akan bertubi-tubi datangnya. Tak usah berpikir untuk menyekolahkan anak ke sekolah bermutu, atau mencukupi kebutuhan mendasar secara mamadai. Tak usah. Berhemat lah apa yang bisa dihemat. Menabung lah banyak-banyak. Karena biaya tak terduga akibat bencana akan semakin besar. Jangan harap ada bantuan dari negara, atau pemerintah. Selamatkan dirimu masing-masing!

Kita semua akan hidup dalam survival mode. Mau tidak mau, suka tidak suka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s