pooping philosophy

Pernahkah kita menghayati arti ‘ikhlas’ yang sebenarnya? Pernahkah kita meresapi perasaan ‘letting go’ yang sesungguh-sungguhnya?

Memang perasaan-perasaan itu tidak mudah untuk dihayati dan diresapi, karena terlalu abstrak. Menurut saya, tidak ada perasaan ikhlas seikhlas-ikhlasnya yang menyamai perasaan ikhlas yang kita rasakan ketika kita keluar dari toilet setiap pagi (atau setiap dua pagi –tergantung metabolisme masing-masing orang).

Tanpa kita sadari setiap pagi kita menjalani ritual ‘letting things go’. Tanpa kita sadari, alam melatih kita mengikhlaskan atau merelakan atau melepas kepergian sesuatu yang sebelumnya kita miliki dan kita nikmati. When nature calls, nobody will resist. They just give in and let things go. No regrets.

Nah, menurut saya itulah keikhlasan yang sesungguhnya. Kerelaan yang hakiki. Letting things go yang sebenar-benarnya.

Jadi ketika kita mengalami suatu keadaan dimana kita mau tidak mau, suka tidak suka harus menerima dan merelakan sesuatu untuk lepas dari tangan kita, maka cek lah apa yang kita rasakan –apakah rasanya selega ketika kita keluar dari toilet? Jika belum, maka kelolalah perasaan kita. Latihlah ia agar sedikit demi sedikit mendekati kerelaan yang hakiki….hehehhee…

Enam bulan terakhir begitu banyak kejadian dimana saya dan teman-teman dekat harus melalui suatu proses ‘merelakan’. Tidak mudah memang, dan memerlukan latihan yang terus menerus. Dan saya bersyukur saya sudah merasakan the after-pooping feeling tersebut.

Bagi saya kehidupan adalah satu ruangan dengan banyak pintu dan jendela, dimana setiap pintu akan membawa kita ke ruangan yang berbeda, demikian seterusnya. Jadi, tak ada kata berhenti. Ketuk saja setiap pintu yang ada dan lihat apa yang terjadi.

Dan dikala penat, selalu ada jendela dimana kita bisa sekedar melongok atau bahkan meloncat keluar dan menghirup sejenak udara segar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s