going places: kawah ijen

Berlokasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Gunung Ijen adalah satu gunung berapi aktif yang ada di pulau Jawa. Dengan ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut, gunung ini tidak terlalu sulit untuk didaki sampai ke kawahnya karena ada jalur yang cukup lebar yang memungkinkan pengunjung untuk naik dan turun kembali dalam waktu kurang dari satu hari perjalanan. Jangan lupa membawa penutup hidung karena bau gas belerang di kawahnya cukup keras dan menusuk.

Kawah Gunung Ijen menurutku, jauh lebih bagus daripada kawah Gunung Bromo, dan juga lebih luas. Disana puluhan pekerja setiap harinya menambang batuan belerang yang dibawa turun dengan pikulan ke kaki gunung untuk dijual. Satu pekerjaan berat (harfiah, karena mereka harus memikul batuan belerang seberat puluhan kilo menuruni gunung) dengan bayaran yang tidak besar.

Di kaki Gunung Ijen tersedia akomodasi yang cukup basic yang memungkinkan pengunjung untuk menginap. Sayangnya tidak ada kendaraan umum yang reguler mengantarkan pengunjung dari dan ke lokasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s