avatar

Setelah hari Natal yang lalu, akhirnya bisa juga aku menonton film yang menghebohkan, Avatar. Film yang diputar di bioskop-bioskop Jakarta tepat sebelum liburan akhir tahun dalam dua versi — versi biasa dan tiga dimensi/3D, berhasil menyedot penonton hingga memerlukan usaha yang cukup keras untuk bisa mendapatkan tiket dengan posisi tempat duduk yang nyaman.

Film yang disutradarai oleh James Cameron ini masih mengusung tema yang biasa saja, yaitu aksi heroik dengan rasa Hollywood, hanya dikemas dalam format animasi yang keren.

Film ini menampilkan realitas yang telah terjadi berabad-abad sejak jaman kolonial sampai saat ini, yaitu bagaimana kepentingan korporasi berada di belakang semua upaya pencarian dunia baru yang pada akhirnya melahirkan kolonialisme oleh satu bangsa atas bangsa lainnya. Film ini juga menunjukkan bagaimana kedekatan industri ekstraktif, semacam pertambangan, dengan militer –seperti juga ditunjukkan oleh film Blood Diamond.

Pun ditunjukkan bagaimana proses penaklukkan selalu akan dilakukan oleh kepentingan kolonialis ini, baik secara halus (dengan menyamar dan melakukan asimilasi dengan penduduk lokal, mempelajari adat-istiadat dan budayanya, dengan harapan bisa membujuk secara halus warga lokal untuk meinggalkan tanahnya) maupun dengan cara-cara yang represif (mengancam, menyerang, mengusir paksa, dan menghancurkan kalau perlu).

Hanya satu aspek yang menggangguku dalam film ini, seperti halnya film-film heroik buatan Hollywood lainnya, kembali ditunjukkan dominasi kulit putih atas kulit berwarna, dimana ras unggulan ini lah yang justru kemudian menjadi pemimpin dan penyelamat bangsa kulit berwarna, yang notabene semula ingin ditaklukkannya.

Terlepas dari penglihatan saya atas film itu, secara umum, sebagai media hiburan film ini cukup menghibur –walaupun keseruannya tidak terlalu istimewa karena di beberapa bagian aku sempat mengantuk berat. Yah, tiga bintang sudah lebih dari cukup lah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s