lagi-lagi sistem transportasi

Dua minggu terakhir ini saya harus bepergian ke beberapa negara di Asia — Hongkong, Macau, Singapura dan Bangkok– dan berdiam di beberapa kota besar dan cukup metropolis. Satu yang menjadi perhatian utama saya, sistem transportasi.

Kota-kota ini, Hongkong, Singapura, dan Macau (iya, Macau tidaklah terlalu metropolis) memiliki sistem transportasi massal yang sudah sangat mapan (kecuali Bangkok yang masih setengah-setengah). Di kota-kota tersebut bepergian dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain bukanlah satu hal yang sulit, dan yang terpenting tidak membuang waktu dan membuat kita tua di jalan seperti halnya di Jakarta.

Saya lalu jadi berpikir, apa yang menghalangi Jakarta (dan kota-kota besar lain di Indonesia) untuk bisa menerapkan sistem yang seperti itu. Ahli transportasi tentunya bukanlah hal yang sulit ditemui di Indonesia. “Tidak adanya political will pemerintah” memang kemudian menjadi jawaban rasional, namun klise. Sebenarnya saya mencoba mencari jawaban lain, namun nampaknya memang itulah masalah mendasarnya.

Mungkin ada lagi penyebab lainnya, ketiadaan visi. Atau, visinya ada, tapi salah — atau sperti kata teman-teman saya, “sesat pikir”. Atau mungkin kekacauan sistem transportasi di Jakarta dianggap sudah terlanjur dan tidak bisa diperbaiki lagi? Ibarat mengurai benang kusut, katanya.

Tapi seperti dikatakan oleh seorang environmentalist yang sangat menginspirasi saya, “Change will come. Either by default or by choice”. Pada akhirnya, pemerintah DKI Jakarta akan terpaksa mengubah kebijakannya tentang transportasi massal, karena kondisi kemacetan jalan yang sudah tak terperikan dan di luar akal sehat. Pada akhirnya, mungkin di tahun 2011 atau 2012, ketika sudah tidak ada lagi kendaraan bermotor yang bisa lalu lalang dengan lancar di jalan raya, dan terjadi kemacetan total yang lebih parah dari saat ini, by default pemerintah mau tidak mau akan berubah.

Tapi sungguh, it is a hell waste of time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s