gunung gede, i am in love!

20111024-191620.jpg

Kata orang, selalu ada yang pertama untuk semua hal. Dan bagi orang yang mudah jatuh cinta seperti aku, maka kalimat itu akan menjadi “selalu ada cinta pertama untuk semua hal”. Dan cinta pertamaku pada gunung dan pegunungan jatuh pada Gunung Gede.

Sebenarnya ini bukan kali pertama aku pergi ke gunung. Aku pernah ke Gunung Bromo, Gunung Ijen, dan Gunung Grasberg di Papua sana. Tapi perjalananku ke semua gunung itu tidak lah seindah apa yang kualami akhir minggu lalu. Pada perjalanan ke dua gunung pertama dan terakhir, aku mengendarai mobil, sementara untuk mencapai puncak Ijen aku “hanya” perlu menempuh perjalanan pulang-pergi sekitar 4 jam. Dan semuanya tanpa camping.

Perjalananku ke Gunung Gede bisa kuanggap sebagai pendakian pertamaku yang sesungguhnya. Dan apa yang kulihat, kurasakan, dan kualami tak sebanding dengan kencangnya betis dan pegalnya paha yang kurasakan sepanjang hari ini, satu hari setelah kepulanganku dari sana.

Seperti halnya jatuh cinta, semuanya harus pas. Orang bilang “Everything must fall at its place”. Perjalananku kali ini pun demikian. Timing yang pas –ketika aku sedang di titik kulminasi akibat akumulasi berbagai hal yang terjadi di kehidupanku. Teman seperjalanan yang asik dan menyenangkan. Alam yang cukup “pengertian” — walaupun hujan namun cukup ramah ketika kita sedang di jalan. Serta tentu saja Gunung Gede itu sendiri — pas, nggak mudah, namun juga nggak terlalu sulit.

Semula aku sendiri tak mengira akan jadi ikut dalam pendakian ini. Semua serba mendadak dan mepet. Mulai kejadian pembatalan akibat ada urusan kerja, sampai urusan pinjam meminjam sepatu gunung dari temanku yang gagal total, dan hujan lebat di malam sebelum keberangkatan yang membuatku tak bisa sampai di terminal bus tepat pada waktunya.

Tapi orang bilang, jika semesta mendukung, jika Tuhan berkehendak, tak ada yang mustahil di kolong jagat. Pendeknya, jadi juga aku berangkat. Dan kukira perjalanan akhir minggu lalu bukanlah perjalanan terakhirku ke gunung.

[Kisah perjalananku ke Gunung Gede akan kutulis lebih detil dalam postinganku selanjutnya]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s