there’s always reason to run

Seperti yang pernah aku singgung sekilas di beberapa postingku sebelumnya, aku sekarang menggilai lari. Selain untuk alasan kesehatan fisik seperti melatih kelenturan otot, kekuatan jantung, memperlancar aliran darah, melatih pernasafasan dan mempertinggi ketahanan stamina tubuh secara keseluruhan, lari atau lebih kerennya jogging juga berguna untuk menenangkan pikiran dan membersihkan isi otakku yang seringkali penuh.

Kesadaran untuk secara serius berolahraga dilatarbelakangi beberapa orang kawan dekat yang telah dipanggi lebih dulu oleh Allah yang Maha Baik ke rumah-Nya. Rata-rata mereka ini mengalamai sakit yang diakibatkan oleh parahnya pola makan dan kurangnya berolahraga. Walaupun umur itu adalah wilayah prerogatif mutlak dari Dia yang tak dapat diganggu gugat, wajiblah kiranya kita hamba-hamba Allah ini menjaga kesehatan jiwa raga kita. Ini pun aku percayai sebagai ibadah, yaitu menjaga dengan baik segala ciptaan dan karunia yang diberikan-Nya kepada kita. Bukankah tubuh kita juga punya hak untuk menjadi sehat dan tidak dianiaya melampaui daya tahan dan daya dukungnya? Iya, seperti alam dan lingkungan yang sering kita bicarakan.

Walaupun tak rutin setiap hari kulakukan, setidaknya dalam satu minggu aku lari satu hingga tiga kali. Dan Alhamdulillaah kebiasaan ini memungkinkanku untuk melakukan banyak hal lainnya, seperti naik gunung api tertinggi di Indonesia, atau hiking non-stop di salah satu kawasan perbukitan Bukit Barisan di Sumatera Barat. Semuanya Alhamdulillaah terjadi tanpa kurang suatu apa.

Sejauh ini, catatan lariku sudah mencapai 76,12 kilometer, dengan kecepatan rata-rata 8 menit 43 detik perkilometernya. Not bad, yah? Aku berkeinginan sebelum ulang tahunku di bulan Agustus, aku sudah berlari sampai 100 kilometer. Aamiin. Insya Allah –jika Allah mengijinkan. 

Image

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s