half-marathon pertama

Seperti yang sudah sering saya sampaikan, salah satu pertanyaan reflektif saya adalah, apa hal terakhir yang saya lakukan untuk pertama kalinya? Merasakan atau melakukan semua hal di dunia ini –jika mampu, adalah keinginan saya. Sehingga sering kali saya bertanya-tanya pada diri sendiri,”Mau bikin apa lagi gue ya?”

Tahun ini memang saya berencana untuk melakukan marathon atau half-marathon (HM) saya yang pertama. Ini dipicu dengan keikutsertaan saya dalam relay ultra-marathon Jakarta-Bandung yang diselenggarakan oleh ITB (sekolah saya dulu) pada bulan Oktober tahun lalu. Jarak Jakarta-Bandung 170 km dibagi menjadi 16 etape, dan dijalani oleh satu kelompok lari. Angkatan kuliah saya mengirimkan dua tim, sehingga dalam setiap etapenya kami lari berbarengan.

Kegiatan ini menjadikan kami teman seangkatan yang berasal dari berbagai jurusan yang berbeda ini akrab. Saya dan beberapa teman bahkan ikut latihan lari yang dilatih oleh seorang pelatih khusus. Gunanya, untuk memperbaiki teknik berlari dan berlatih kekuatan otot-otot tubuh. Selain latihan dasar ini, saya sendiri memang ingin agar suatu saat saya bisa melakukan keinginan saya di atas — lari marathon, atau half marathon.

Dan Alhamdulillah, hari ini, 15 Juli 2018, saya mengikuti lomba half-marathon yang diadakan oleh Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Bank BNI. Dan Alhamdulillah, saya mampu berlari sejauh 21,1 kilometer tanpa cedera, walaupun dengan catatan waktu yang sangat tipis di bawah batas waktu terlama! Hahahhaa..

Saya senang sekali dengan hasil ini. Walaupun persiapannya tidak terlalu lama, dipotong bulan puasa dan perjalanan-perjalanan tugas saya yang tidak memungkinkan saya berlatih, saya berhasil melewati garis finih dan dapat medali (tidak didiskualifikasi).

Dan malam ini saya istirahat sambil urut2 merawat telapak kaki, betis dan lutut yang kebas, dan pegal. Semoga satu hari nanti saya bisa menyelesaikan marathon –full 42,2 kilometer. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s