book: ‘a long way down’

nick.jpg

Author: Nick Hornby

Rate: ****

Ini salah satu buku Nick Hornby yang gue suka. Gaya bertuturnya enak dan mengalir, lengkap dengan maki-makian yang british banget. Pokoknya asik.

A Long Way Down bercerita tentang empat orang yang tidak saling mengenal dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, yang dipertemukan nasib di atas atap the Topper’s House, London, pada suatu malam tahun baru. Mereka memiliki satu kesamaan, yaitu keinginan untuk bunuh diri. Alasannya bermacam-macam, mulai dari skandal memalukan yang menghancurkan karir seorang presenter TV ternama, beban yang harus ditanggung oleh seorang single mother yang harus memelihara anaknya yang cacat mental, seorang musisi yang merasa gagal dan merasa tak punya masa depan, sampai alasan cemen dari seorang teenager yang putusa cinta –yang kebetulan anak seorang menteri di Inggris.

Berawal dari atap Topper’s House itulah kemudian keempatnya saling belajar mengenai kehidupan yang lain dan dalam waktu singkat terjalin hubungan emosional yang awkward pada mulanya namun berangsur menjadi hubungan yang saling memperkaya satu sama lain.

Yang unik dari novel ini adalah cara bertutur Nick Hornby. Dia mengajak kita menyelami karakter dari setiap tokoh dalam buku ini dalam dialog-dialog yang menggunakan kata ganti orang pertama.

Jadi di satu saat kita diajak menjadi Martin Sharp (si presenter TV), di saat lain kita menjadi Maureen (si single mother), JJ (si musisi gagal), dan Jess (si teenager).

Novel ini tidak kehilangan kedalaman tema yang diangkat walaupun ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan mengalir. Asyik dibaca di akhir pekan sambil ngupi-ngupi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s