film: ‘the departed’

 departed-poster-1.jpg

Directed by: Martin Scorsese

Rate: *****

Ini film layak mendapat 5 bintang dan memang ditaburi bintang. Mulai dari Matt Damon, Leonardo DiCaprio sampai Jack Nicholson ada semua disini. Sutradaranya pun berkelas Oscar, Martin Scorsese. Semula aku agak malas menonton karena ada Mommy’s Boy, si DiCaprio. Tapi ternyata, the real star di film ini ya doi, dan juga Jack Nicholson tentunya.

The Departed bercerita tentang modus operandi kalangan mafia Irlandia di Amrik yang berusaha mengamankan operasinya dengan ‘menanam’ agen di kepolisian. Keluarga mafia tersebut mencari bibit-bibit unggul dari kalangan keluarga biasa yang kemudian dipelihara, disekolahkan dan dengan sengaja masuk ke dalam struktur kepolisian. Untuk mendapatkan akses informasi yang tergolong high-security tentunya   si agen ini harus mampu menembus sampai ke struktur yang tinggi. Untuk itu lah perekrutan dilakukan terhadap bibit-bibit unggul yang brilliant.

Dari sisi cerita, The Departed memberikan sisi lain dari dunia permafiaan di Amrik. Cerita tentang polisi korup yang kemudian ‘nyambi’ jadi agen mafia sudah banyak difilmkan. Namun cerita bahwa ada kelompok mafia yang invest dan secara sistematis menanam orang di struktur kepolisian kupikir sangat jarang (atau baru film ini?). Dan gilanya ternyata sang mafia tidak hanya menanam orang di kepolisian, tapi juga di FBI dan mungkin di badan-badan kemanan pemerintah lainnya.

Di sini terlihat bahwa jaringan mafia juga beroperasi seperti jaringan intelijen yang menggunakan sistem sel, karena antar agen yang ditanam di berbagai badan pemerintah tersebut tidak saling mengenal.

Dan Leonardo DiCaprio sungguh berbeda dengan yang kukira semula. Dia bukan lagi cowok manis imut anak mami. Dia sangat berhasil memerankan seorang agen rahasia polisi yang sangat tertekan dengan tugasnya yang memang mempertaruhkan nyawa. TOP lah!

Sayangnya, di akhir film Scorsese ‘tergoda’ untuk memenuhi keinginan penonton agar justice prevails. Padahal in the real world, justice prevails only once in a while.

One Comment Add yours

  1. arsen says:

    aku suka film ini, walau akhirnya dramatis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s