madre

20110918-045714.jpg

Aku kembali membaca karya Dewi Lestari aka Dee. Terus terang karyanya yang terakhir, Perahu Kertas, tidak terlalu merangsang minatku untuk menyelesaikan membacanya. Entah kenapa alasannya. Mungkin aku perlu membuka kembali Perahu Kertas, siapa tahu kali ini tumbuh minatku untuk tak melepaskannya sampai halaman terakhir.

Nah, yang ini Madre judulnya. Buku ini adalah kumpulan beberapa cerita pendek yang ditulis Dee dalam kurun beberapa tahun ke belakang. Untuk cerpen Madre, terlihat Dee melakukan riset yang cukup cermat tentang seluk beluk dunia pembuatan roti. Sungguh cerita yang membuka mata dan menambah wawasan, dan membuatku mengapresiasi lebih lanjut dunia yang selama ini tak kukenal namun hanya kunikmati hasil akhirnya saja.

Cerpen-cerpen selebihnya masih berputar di tema klasik, ya apalagi kalau bukan cinta. Dan entah kenapa, cerita cinta racikan Dee selalu nancap di hatiku. Kisah-kisah cinta Dee dalam buku ini terkesan sebagi cerita cinta yang lebih dewasa, hati-hati, mengantisipasi.

Disana ada refleksi pengalaman mengalami kegagalan, tidak ingin terjerumus pada satu “kebodohan” atau pun kisah cinta yang sengaja tidak dituntaskan — digantung, tak dijelaskan bagaimana akhirnya.

Juga ada kisah dimana dua orang yang saling mencinta terpaksa harus berpisah, mengenakan topeng dan berpura-pura, menahan perasaannya untuk satu tujuan yang lebih besar. Ada kesakitan disana, ada kekecewaan, dan ada kemarahan. Namun mungkin itu lah yang dibutuhkan agar kita bisa melangkah maju, tidak terjebak pada masa lalu dan berhenti berandai-andai.

Tapi ada satu benang merah dalam cerita-cerita Dee kali ini menurutku: keberanian. Ya, keberanian! Keberanian untuk meninggalkan masa lalu. Keberanian untuk menghadapi hidup di saat ini. Keberanian untuk menghadapi ketidakpastian masa yang akan datang. Keberanian untuk berhenti bertanya. Keberanian untuk berhenti berandai-andai. Keberanian membiarkan hidup dan cinta menjadi dirinya apa adanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s