rinjani day-1&2: sembalun

Pagi jam 09:00 tanggal 31 Juli, grup kami sudah bersiap. Setelah melapor ke Pos Sembalun, kami pun memulai perjalanan. Perjalanan dari Sembalun menyajikan padang savana terbuka yang menghijau-kuning keemasan. Dinginnya udara –karena Sembalun berada di dataran tinggi, bercampur dengan teriknya matahari pagi yang tanpa malu-malu bersinar, serta langit biru bersih tanpa awan menambah keindahan pemandangan, namun akan mudah membuat kulit terbakar.

Tak lama berjalan, tubuhku sudah kurasakan memanas dan siap untuk berjalan jauh. Namun karena sedari awal kami sudah bersepakat bahwa ini perjalanan santai, maka kami pun tidak ngoyo dalam berjalan. Target kami hari ini adalah tiba di Pos-3 sebelum gelap, dan bermalam di sana.

Rute Sembalun menyajikan padang-padang dan bukit-bukit savana seluas mata memandang. Sepanjang jalan tak lupa kami mengambil sebanyak mungkin gambar. Pemandangan seindah ini tak seharusnya dilewatkan begitu saja.

IMG_3389.JPG

IMG_3387.JPG

IMG_3388.JPG

Sekitar jam 16:00 kami pun tiba di Pos-3 dan mendirikan tenda-tenda kami di sana. Karena aku perempuan sendiri, maka aku mendapat tenda spesial yang sudah disiapkan oleh teman-teman. Memang sedari awal sudah kusampaikan bahwa aku tidak membawa tenda dan logistik, dan meminta bantuan teman-teman untuk membawakannya. Maklum, aku kan pendaki senang-senang. Hahaha..

Sebelum tidur, Hamzan dan Wiwin, pimpinan pendakian kami mengatakan bahwa pendakian sesungguhnya akan terjadi esok hari. Esok kami akan mendaki punggung gunung menuju Pelawangan Sembalun, camp berikutnya tempat kami bermalam sebelum menuju puncak Anjani. Oleh karenanya kami harus beristirahat dengan baik.

Keesokan harinya, perjalanan menuju Pelawangan Sembalun pun dimulai. Setelah kembali melalui padang-padang dan bukit-bukit savana, kami pun tiba di penanjakan tanpa akhir yang terkenal sebagai Tanjakan Penyesalan! Hahaha..

IMG_3391-0.JPG

IMG_3392-0.JPG

Tanjakan Penyesalan ini sangatlah layak menyandang julukannya. Kemiringan lereng hingga 60 derajat, serta terrain licin berpasir-debu tanpa tempat berpegang, benar-benar memerlukan konsentrasi tinggi untuk melaluinya. Belum lagi aliran orang dari atas yang baru selesai muncak dan bergerak turun kembali ke Sembalun membuat trek ini menjadi Trek Penyesalan Berdebu yang aneh. Entah berapa kali aku harus memalingkan muka agar mataku nggak kelilipan. Dan walaupun sudah menggunakan penutup mulut dan hidung, tetap saja aku bisa merasakan butir-butir pasir yang mampir di mulutku.

IMG_3406-0.JPG

Sekitar pukul 15:00 tibalah kami di akhir Tanjakan Penyesalan, memasuki kawasan Pelawangan Sembalun. Sejenak kami beristirahat menikmati puncak Anjani di kejauhan. Sore ini Anjani terlihat malu-malu menampakkan puncaknya, kadang kabut dan awan tebal menutupinya. Seorang teman perjalanan bilang, Anjani malu-malu karena ada aku tamu dari jauh yang ingin menemuinya.

IMG_3408.JPG

Kawasan Pelawangan Sembalun adalah dataran di puncak bukit yang biasa digunakan oleh para pendaki sebagai camping ground sebelum perjalanan ke puncak, karena datarannya yang cukup rata dan ada sumber mata air yang banyak di sana. Kawasan ini juga jadi salah satu pintu masuk menuju Danau Segara Anak.

Pemandangan dari Pelawangan Sembalun sangatlah indah. Di timur kita bisa saksikan puncak Anjani yang menunggu, dan di barat bisa kita saksikan gagahnya puncak Gunung Senkereang serta pemandangan Danau Segara Anak di bawah kaki kita. Jika kita beruntung, kita pun bisa menyaksikan matahari yang perlahan terbenam di balik puncak Senkereang.

Maka senja hari itu kami habiskan dengan berfoto-foto dan menikmati pemandangan alam yang tak ada duanya di dunia. Entah bagaimana, segala kelelahan selama kami melalui Tanjakan Penyesalan hilang seketika.

IMG_3410.JPG

IMG_3409.JPG

IMG_3411.JPG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s